Jembatan Modular Ditargetkan Rampung Tahun Ini

Jembatan Modular Ditargetkan  Rampung Tahun Ini

ASTANAJAPURA – Pemerintah Daerah (Pemda), memberikan bantuan pembangunan berupa Jembatan Modular yang akan ditempatkan di perbatasan antara Desa Beringin dan Japura Kidul, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon, karena jembatan sebelumnya sudah tua dan kondisinya memperihatinkan.
\"jembatan
Pembangunan jembatan modular. Foto: Kim/Rakyat Cirebon 

Pembangunan jembatan tersebut, ditargetkan akan rampung pada tahun 2016 ini. “Kita dapat bantuan dari pemerintah untuk membangun jembatan modular yang ada di Desa Beringin untuk membantu atau menjadi penopang jembatan tersebut, maka dibangun jembatan darurat.

Dan jika ada kerusakan jembatan darurat, maka kita akan segera perbaiki kondisi dan akan kita pertahankan kondisinya sampai selesai jembatan modular dibangun.

Sementara untuk target, kita akhir tahun ini selsai pembangunannya,” kata Kabid Peningkatan Jalan Bina Marga Kabupaten Cirebon, Ir Gatot Rachmanto, kepada Rakcer, beberapa waktu lalu.

Sementara itu, terkait dengan sering kali terjadi putusnya jembatan darurat yang merupakan jembatan pendukung dari jembatan modular Desa Beringin yang sedang dibangun, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Cirebon, melalui dinas Bina Marga, akan sudah melakukan perbaikan.

Jembatan darurat yang berada di Desa Beringin, kata dia, menjadi jembatan penghubung tiga desa, merupakan jembatan vital yang menjadi jembatan penopang karena jembatan Modular belum selesai dibangun.

“Soal jembatan darurat yang putus kena banjir, memang merupakan pendukung untuk jembatan modular yang sedang dibangun. Makanya, kita terus perhatikan,” kata dia.

Dikatakan Gatot, sebelumnya, masyarakat sekitar Desa Beringin, Japura Kidul dan Desa Japura Lor, yang menggantungkan transportasinya kepada jembatan Modular yang sedang dibangun, merasa perihatin dengan kondisi sekarang.

Warga Beringin, Japura Kidul dan beberapa desa lain yang ada di dua kecamatan yakni Kecamatan Pangenan dan Astanajapura, mengeluhkan tentang adanya jembatan darurat yang beberapa kali rusak dan diterjang banjir beberapa waktu lalu.

Jembatan darurat yang berada di Desa Beringin yang berpatasan dengan Desa Japura Kidul, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon, rusak akibat diterjang banjir yang terjadi beberapa waktu lalu.

Karena merasa keselamatan warga sekitar terancam, sebagian besar warga menuntut Pemerintah Daerah (Pemda) dapat memperhatikan kondisi tersebut. (kim)

Sumber: